Perbedaan USB 3.0 dengan 2.0

Share this article on :



Sebelum membahas secara detail apa sesungguhnya USB 2.0, dan apa itu USB 3.0, dan apa Perbedaan kedua USB tersebut. mari kita Mengenal Perbedaan USB 2.0 dengan USB 3.0 USB Universal Serial Bus 2.0 Teknologi USB 2.0 diperkenalkan pada dunia sekitar Bulan April 2000. Transfer Rate USB 2.0 diperkirakan bisa mencapai maksimal 480Mbit/sec. 

Namun pada kenyataanya Transfer rate yang dijanjikan pada USB 2.0 ini tidak seperti yang diperkirakan, tembus diatas 300Mbit/sec pun jarang sekali ditemukan. Pada USB 2.0 ini memerlukan sebuah stok suplai Listrik maksimal sekitar 500mA. Sedangkan untuk Pin Steker pada USB 2.0 berjumlah 4 buah. 



Berbeda dengan USB 3.0, teknologi USB 3.0 ini Mulai Diperkenalkan sejak Tahun 2007. Keunggulan Teknologi USB 3.0 ini dibandingkan dengan Teknologi Kakaknya yang merupakan USB 2.0 ini memiliki Perbedaan yang sangat jauh dari perkiraan. Pada Transfer rate USB 3.0 yang mampu mencapai 5Gbit/sec. Sebuah perbedaan yang fantastis kan ? 



USB 3.0 Kelebihan yang dimiliki pada USB 3.0 ini adalah sifatnya yang Full Duplex. Apa itu Full Duplex ? arti dari Fullduplex adalah USB dapat melakukan Send / Receive data Secara berkala dan terus-menerus. dan pada USB 3.0 ini memiliki 5 buah Pin Steker. Namun, USB 3.0 ini mempunyai sebuah Kelemahan yaitu masih jarangnya Support pada sistem Operasi. Anda harus Meng-installnya Secara Manual dengan cara mencari sebuah Driver yang disediakan Vendor USB 3.0 tersebut




4 Responses so far.

  1. terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali buat saya..

    kunbal Bandung IT

  2. M Irvan says:

    adit purnama : senang bisa membantu

  3. Teguh says:

    kalo mau ugrade dari 2.0 ke 3.0 suport gak semua pc gan

  4. M Irvan says:

    teguh : sepertinya engga semua deh, tergantung motherboard dan os yang dipakai

Leave a Reply

Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka

    Site Info

    PRchecker.info

    Like page saya

    Sahabat