BECAK ELEKTRONIK

Share this article on :


SURABAYA,JATIM-Pada suatu hari di acara diskusi komunitas mobil listrik di kalangan mahasiswa Politeknik Elektronika ITS Surabaya.Dari sana pula, ide membuat becak listrik  tenaga surya tercipta.Siapa mereka? Mereka adalah dua mahasiswa Politeknik Elektronika Institut Teknologi Surabaya.Mereka sama-sama semester enam jurusan elektronika. Dari mereka, becak listrik yang memanfaatkan tenaga surya dan motor penggerak tercipta.

 

Berangkat dari pemikiran mereka bahwa becak secara manual tidak manusiawi, maka Muhammad Effendy dan Muhammad Nasir Fanani kemudian kepincut untuk membuat becak listrik. Bhakan becak listrik dapat digunakan kelak untuk wisata.

Ramuan becak listrik bertenaga surya ciptaan Muhammad Effendy dan Muhammad Nasir Fanani sebagai berikut, tenaga surya untuk menghasilkan listrik yang menggerakkan becak listrik itu berasal dari solar sel ukuran 50 WP yang menghasilkan daya listrik 2 Amphere atau 19 volt.Kalau listriknya penuh akan dapat digunakan perjalanan oleh dua orang sejauh 15 kilometer dengan kecepatan 10-20 kilometer per jam.

Kalau energi surya tidak ada karena musim hujan, maka daya listriknya dapat dihasilkan dengan menggerakkan generator (motor penggerak) secara manual melalui pedal yang ada selama tiga jam.Kalau tukang becak yang sudah memiliki becak dapat menggunakan satu solar sel dan aki kecil, cuma Rp 5 juta. Tapi kalau mau lengkap dengan dua solar sel dan dua aki berkisar Rp 8 jutaan.

Leave a Reply

Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka

    Site Info

    PRchecker.info

    Like page saya

    Sahabat